Saturday, February 19, 2011

Film Hollywood Distop Tidak Mempengaruhi Film Indonesia

Distributor film Hollywood akan menghentikan pengiriman film-filmnya ke Indonesia, akibat tingginya pajak bea masuk film yang diterapkan pemerintah. Namun bagi Sineas Riri Riza hal tersebut tidak membawa pengaruh signifikan pada perkembangan film Indonesia.

"Penghentian distribusi film hollywood tidak membawa pengaruh apa-apa bagi film Indonesia, kalau mau tahu dampaknya, panjang masanya untuk mengetahui hal itu," ujar Riri saat peluncuran buku kumpulan cerpen 'Family Room' karya Lily Yulianti Farid, di restoran Djuku, Wisma Kalla, Makassar, Sabtu (19/2/2011).

Menurut sutradara film Laskar Pelangi ini, sudah sejak lama film Indonesia berjalan tanpa arah dan tanpa dukungan pemerintah. Riri pun berharap kelak film Indonesia harus menjadi tuan rumah di negerinya sendiri.

Sutradara muda yang banyak meraih penghargaan film tingkat internasional ini juga berharap agar dihentikannya film Hollywood ke Indonesia harus segara dipikirkan solusinya secara strategis. Pemerintah juga harus memikirkan dampak yang akan timbul di kemudian hari

"Jangan sampai hari ini film Hollywood di-stop kita tiba-tiba kewalahan tidak tahu berbuat apa," tandas Riri.


No comments:

Post a Comment